Komputer
Sumber: towson.edu

Komputer mengendalikan integrated information peserta didik di era digital. Terdapat dua jenis penerapan komputer dalam pembelajaran yaitu computer assisted instruction (CAI) dan computer managed instruction (CMI). Selain itu, komputer berperan sebagai objek, alat, perangkat, dan sarana yang mampu mengajarkan berpikir logis.

Komputer dalam pembelajaran
Sumber: ssc.edu.ph

Komputer dalam pembelajaran memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan komputer meliputi learner control (peserta didik mengatur tingkat dan rangkaian proses belajarnya sendiri), special needs (memfasilitasi peserta didik dengan kebutuhan khusus), record keeping (pencatatan dan perekaman data yang layak), information manajement (mengikuti perkembangan informasi untuk memberikan pengetahuan terkini), diverse experiences (memberi pengalaman belajar yang beragam), dan communication precission (berkomunikasi secara runtut dan logis). Sedangkan kekurangan komputer adalah copyright (software berbayar), high expectation (expektasi tidak realistis), limited range of objective (belum efektif mencapai domain afektif, psikomotor, dan keterampilan intra-personal), controlled environment (kreativitas dibatasi software), lack of social interaction (mengurangi interaksi antar siswa dan guru), serta novelty effect (kebosanan dan tidak termotivasi karena mengulang-ulang sistem).

Ilustrasi efek samping komputer
Sumber: scoop.it

Demikian resume Peran Komputer dalam Pembelajaran. Selayaknya calon pendidik mengetahui hal-hal  dasar semacam ini.

Sumber: lakonfisika.net (https://www.lakonfisika.net/2019/02/peran-komputer-dalam-pembelajaran.html?m=1)