Gunung Tugel yang Bukan Gunung dan Tidak Tugel

Puncak Gunung Tugel
Sumber: doc. pribadi

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia offline, gunung memiliki ketinggian lebih dari 600 m dan kata tugel jika diterjemahkan dari Bahasa Jawa berarti putus. Sementara itu di Dusun Soko, Desa Segawe, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung terdapat sebuah bukit memanjang yang dinamai Gunung Tugel. Salah satu puncaknya menghadap ke barat dan tampak menjulang sendirian jika dilihat melalui jalur TPA Segawe. Di puncak bukit ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan sebagian wilayah Tulungagung. Jika seandainya bukit ini sesuai namanya yaitu tugel, maka seharusnya ada sambungan bukit lain sehingga layak dinamakan tugel atau putus.

Jalan setapak menuju puncak
Sumber: doc. pribadi

Akses untuk mencapai Gunung Tugel terbilang mudah. Wisatawan cukup masuk melalui Dusun Soko dan parkir di bawah bukit. Selanjutnya dapat melalui jalan setapak dengan jalan kaki menuju puncak. Sebenarnya bukit ini cukup populer digunakan sebagai jalur trail. Dilansir dari segawe.tulungagungdaring.id, bukit ini dipopulerkan oleh Komunitas Trail Peduli Katak Darat. Meskipun saat ini Gunung Tugel tampak kurang terawat dengan guguran daun jati atau semak-semak yang hampir menutup jalan setapak dan gazebo-gazebo yang mulai rusak, namun di bagian puncak terdapat sebuah tempat peristirahatan dengan fasilitas wifi.

Jalan setapak di puncak
Sumber: doc. pribadi

Wisatawan dapat duduk-duduk menikmati pemandangan di puncak bukit sekaligus berselancar di media sosial dengan wifi yang dapat diakses siapa pun. Walaupun bukit ini kurang dikenal masyarakat, tapi anak-anak pramuka dan pecinta trail cukup akrab dengan lokasi ini.

Posting Komentar

0 Komentar