Pendopo Agung Trowulan Sisakan Batu Umpak Raksasa

Ilustrasi umpak di Situs Watu Umpak
Sumber: situsmojo.com

Seorang teman sengaja menduduki sebuah batu besar di halaman sebelah barat Pendopo Agung Trowulan. Teman yang lain ikut duduk di batu-batu berdenah segi enam yang tampak serupa. "Buat apa ya orang jaman dulu membuat tempat duduk sebesar ini," katanya sembari menyaksikan sisi-sisi batu yang dipotong presisi.

Deretan batu berdenah segi enam yang diduduki wisatawan yang awam akan peninggalan arkeologi ini adalah umpak. Ukurannya jauh lebih besar dari umpak-umpak biasa. Hal ini  mendasari berdirinya Pendopo Agung Trowulan atas prakarsa Kolonel Sampurna. Setidaknya ada anggapan bahwa 26 umpak raksasa yang ditemukan di tempat ini, pasti digunakan sebagai penyangga tiang raksasa di masa lalu. Oleh karena itu, layak didirikan sebuah pendopo pada tanggal 15 Desember 1966.

Menurut BPCB Jawa Timur, umpak merupakan bangunan yang terbuat dari penyangga tiang pada bangunan berkonstruktsi kayu. Tertulis dalam buku Mengenal Kepurbakalaan Majapahit di Daerah Trowulan bahwa 17 umpak telah digunakan untuk keperluan pendopo dan 9 lainnya dapat disaksikan utuh sampai sekarang. Melalui umpak-umpak ini, kalian dapat melihat sebagian kebesaran Majapahit.

Posting Komentar

0 Komentar