Ursa Mayor si Lintang Kartika di Jawa

Rasi bintang
Sumber: infoastronomy.org

Rasi bintang atau konstelasi merupakan sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk  suatu pola atau konfigurasi khusus (kitacerdas.com). Terdapat ratusan bahkan lebih rasi bintang, satu di antaranya adalah ursa mayor.

Ursa mayor atau lintang kartika
Sumber: aminoapps.com

Ursa mayor dikenal sebagai rasi bintang biduk, beruang besar, atau konstelasi bintang tujuh. Di Jawa, ursa mayor dikenal sebagai lintang kartika. Disebut bintang biduk karena apabila ditarik garis akan berbentuk menyerupai gayung besar (biduk). Ursa mayor terdiri atas 7 buah bintang sehingga dinamakan konstelasi bintang tujuh.

Bintang pemyusun ursa mayor
Sumber: vionnanovax1-ras-ibintang.blogspot.com

Rasi ini terletak di langit utara sebagai petunjuk arah utara dalam pelayaran. Selain itu, kemunculan ursa mayor populer di Nusantara sebagai penanda tanam padi (id.m.wikipedia.org). Menurut djingareybersite.wordpress.com, ursa mayor terlihat pada bulan April dengan dubhe sebagai bintang tercerahnya. Keistimewaan rasi ini adalah tetap berada di langit utara tepatnya di kutub utara sepanjang tahun walaupun gugusan buntang selalu berputar (takaitu.com).

Posting Komentar

0 Komentar