Sindrom Down (Trisomi 21)

Penderita sindrom Down
Sumber: akurat.co

Sindrom Down atau trisomi 21 adalah kelainan kromosom nomor 21. drh. Reza Yesica, M.Sc menjelaskan sindrom Down terjadi 1 dari 700 kelahiran di dunia. Wanita berusia 35 tahun ke atas rentan melahirkan bayi penderita sindrom Down, bahkan prevelensi menunjukkan 1 dari 350 kelahiran. Hal ini disebabkan usia di atas 35 tahun mendekati menopause. 

Sindrom Down pada hewan
Sumber: liputan6.com

Sindrom Down terjadi pada manusia dan hewan. Hal ini membuat mereka membutuhkan perlakuan khusus. Lantas apa yang membuatnya demikian? 

Gen sindrom Down
Sumber: bocahmipa.wordpress.com

Sindrom Down mengakibatkan hambatan mental dan pergerakan. Penderita memiliki IQ antara 20 ̶ 60, mental menyerupai anak berusia 8 tahun, mulai berjalan di usia 1 ̶ 2 tahun, dan terjadi penekanan perkembangan neuron sehingga tidak berkembang normal. Sedangkan gejala kelainan ini meliputi berat bayi di bawah normal, penundaan kemampuan berjalan, kemampuan bicara lemah atau berbicara sangat lambat, postur pendek, pubertas tertunda atau tidak mengalami pubertas, infeksi pernafasan, kelainan jantung, leher pendek, gigi tidak tumbuh secara normal, dan mata seolah menutup atau sipit.
           

Posting Komentar

0 Komentar