Editor Sang Dewa Kesabaran

Ilustrasi editor
Sumber: ussusa.org

KBBI daring menjelaskan editor merupakan orang yang mengedit naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. So, editor berhubungan dengan berbagai macam tulisan, baik rapi atau tidak.

Tulisan yang tidak rapi
Sumber: writing.ie

Penulis sempat bercita-cita menjadi seorang editor. Sayangnya seorang teman penulis, sebut saja Isa Junaedi yang bergelut di dunia editorial di beberapa penerbit sempat berkata, "Lebih menyenangkan menjadi penulis daripada seorang editor." Kalimat tersebut berhasil membuat penulis bertanya-tanya, "Benarkah demikian?" Yap, faktanya memang demikian ketika penulis Narasi Keluguan Binatang semena-mena mengirim sebuah naskah sampah 9 halaman untuk diperbaiki. Alhasil api menyala-nyala sepanjang hari. Di sini, penulis merasa editor merupakan titisan dewa kesabaran untuk memperbaiki tulisan penulis lain, apalagi penulis brengsek yang menyia-nyiakan kebaikan editor dengan menendang PUEBI jauh-jauh.

Editor yang baik tidak akan menghapus naskah penulis lain dengan mudah
Sumber: theinquirer.com

Baiklah, penulis menulis opini ini sebagai media membuang ludah, sebab penulis diharuskan menyerupai dewa kesabaran dengan 250-an halaman antologi cerpen yang menyesakkan. Maka, jangan sekali-kali menghina atau merendahkan seorang editor atau naskah Busukers mengalami shift+delete. Ingat, penulis naskah bukan apa-apa tanpa seorang editor.

*Apa yang penulis tulis belum tentu benar. Dengarkan kata hati Busukers baik-baik.

Posting Komentar

0 Komentar